Saturday, June 29, 2019

taman bunga mawar biru Pesquisa Google BLUE Pinterest Search

Mawar ialah suatu ragam tanaman semak dari genus Rosa sekalian nama bunga yang dijadikan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar lazimnya yaitu tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya dapat mencapai 2 sampai 5 meter. Meski jarang dijumpai, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

taman bunga mawar biru Pesquisa Google BLUE Pinterest Search

taman bunga mawar biru  Pesquisa Google  BLUE  Pinterest  Search

Sebagian besar spesies memiliki daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap-tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 sampai 9 atau 13 si kecil daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sesungguhnya bukan tanaman tropis, beberapa besar spesies merontokkan segala daunnya dan cuma sebagian spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunga Mawar – CiriCiri, JenisJenis Mawar, Serta Khasiat dan Manfaatnya Situs Tanaman Obat

Bunga Mawar – CiriCiri, JenisJenis Mawar, Serta Khasiat dan Manfaatnya  Situs Tanaman Obat

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang cuma mempunyai 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar ialah putih, merah muda, kuning dan biru pada sebagian spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Gelombang Biru Bunga Ros Istana Alam Shah Klang YouTube

Gelombang Biru  Bunga Ros  Istana Alam Shah Klang  YouTube

Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), walaupun kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang menolong penyerbukan sehingga cenderung menciptakan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan mewujudkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Beberapa buah mawar berwarna merah dengan sebagian perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menjadikan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Pada beberapa spesies seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang betul-betul kaya dengan vitamin C malahan termasuk di antara sumber vitamin C natural yang paling kaya. Sebagian rose hips disukai burung pemakan buah yang menolong penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. Sebagian variasi burung seperti burung Finch juga memakan biji-biji mawar.

Pada lazimnya mawar mempunyai duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Sebagian spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, membendung pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari abrasi. Walaupun telah dilindungi duri, rusa kelihatannya tak takut dan kerap kali merusak tanaman mawar. Beberapa spesies mawar memiliki duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

THE CROWN OF QUEEN: Bunga Mawar

THE CROWN OF QUEEN: Bunga Mawar

Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun yang yakni penyakit paling serius. Penyebabnya yakni cendawan Phragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Penyakit yang tak semacam itu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, meski penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Mawar juga merupakan makanan bagi larva sebagian spesies Lepidoptera.

Gelombang Biru Bunga Ros Istana Alam Shah Klang YouTube

Gelombang Biru  Bunga Ros  Istana Alam Shah Klang  YouTube

Mawar tumbuh subur di tempat beriklim sedang sedangkan beberapa kultivar yang yaitu hasil sistem penyambungan (grafting) bisa tumbuh di daerah beriklim subtropis sampai tempat beriklim tropis. sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar ialah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga bisa dihasilkan menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

No comments:

Post a Comment

Tanaman Sikas Mawar Jambe Tanaman Tahan Panas Pinterest

Mawar merupakan suatu ragam tanaman semak dari genus Rosa sekalian nama bunga yang dibuat tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies l...